eXeLearning dan PhoneGap untuk membuat Mobile Learning #Part-2

Melanjutkan materi sebelumnya eXeLearning dan PhoneGap untuk membuat Mobile Learning , yaitu bagaimana membuat new app jika aplikasi sebelumnya sudah dibuat di PhoneGap dengan fasilitas Private App.
Karena kita masih menggunakan free user dengan Git Hub ID, maka kita hanya memiliki 1 private app yang disediakan oleh Phone Gap. Private App ini fasilitas yang termudah, karena hanya tinggal upload ZIP-file dari eXeLearning, kemudian dibuild oleh Phone Gap.
Kalau kita membuat new app yang lain, bukan private app, maka fasilitas yang ada tinggal “open source app” dimana file eXelearning kita harus diupload sebagai open source di Git Hub. Pembahasan ini akan ditulis di artikel berikutnya, karena cukup panjang langkah-langkah untuk upload ke Git Hub.
Untuk saat ini maka saya akan menulis tahapan “update” atau memperbarui app yang sudah dibuat sebelumnya (sebenarnya bisa kita build app baru, resikonya app lama akan ditimpa oleh app baru).
Setelah sign-in di git hub, kemudian sign-in di phone gap, maka tampil App kita seperti berikut ini :

2014-01-16_140909

klik pada Update code, sehingga tampil pop-up dibawah Update code sbb (ada peringatan bahwa ini akan merusak app lama) :

2014-01-16_141043

Klik Browse untuk mengambil file ZIP dari exeLearning yang baru, pilih file zip tersebut kemudian klik Upload, sehingga akan terjadi proses “upload”, apabila berhasil akan tampil seperti ini:

2014-01-16_141242

Kemudian klik setting untuk memperbarui Configuration, tampilannya ada di bawah setting, seperti berikut ini

2014-01-16_141515

Silahkan perbarui data yang ada, mulai dari browse incon, app-title, package, version dan description (klik gambar di atas untuk memperbesar). Setelah itu klik save, tunggulah proses building hingga selesai, maka akan tampil proses building dengan hasil sebagai berikut :

2014-01-16_141749

Selesailah proses building, klik apk atau file lain, untuk download App, misalnya klik apk untuk download app di OS Android.

Silahkan install apk tersebut, namun perlu diperhatikan bahwa app tersebut akan menimpa app lama yang sudah dibuat sebelumnya.


Sumber : Wahyu Purnomo

Komentar