Melengkapi Media Pembelajaran pada Mobile Learning dengan Podcast

Pernah mendengar kata Podcast? Lalu apakah sebenarnya Podcast itu?
Podcast adalah file Audio Digital (biasanya dalam bentuk file MP3 atau AAC) yang tersedia untuk didownload di Internet lewat RSS 2.0 Feed. Dengan Podcast kita bisa terus uptodate dengan berbagai info menarik dalam bentuk audio digital, jadi tidak membosankan seperti halnya kita membaca sebuah artikel.

Dulu, kita mungkin sudah sering mendengarkan radio untuk mendapatkan info menarik yang sedang terjadi saat ini. Tentu saja, kita tidak bisa memilih info apa saja yang ingin kita dengar di radio tersebut, kita hanya mendengarkan apa yang sedang dibicarakan oleh penyiar radio tersebut. Nah, saat ini Podcast hadir seperti layaknya radio namun tentu dengan teknologi yang lebih maju, dengan Podcast kita bisa mendengarkan info menarik yang sedang terjadi, dan bahkan kita bisa menentukan info apa saja yang ingin kita dengar.
Podcast bisa kita dengarkan lewat Laptop, ataupun di MP3 player kita seperti iPod dan bahkan lewat Handphone kita, Blackberry ataupun iPhone.

Bagaimana kita memanfaatkan teknologi Podcast ini dalam pembelajaran berbasis mobile? Yaa... ada kalanya kita memerlukan podcast server untuk mempublish audio atau video yang akan kita gunakan untuk Mobile Learning kita.
Dengan mempublish di server maka audio video yang kita gunakan di mobile learning tidak membebani aplikasi mobile learning kita.
Salah satu layanan podcast yang dapat digunakan adalah podcast video audio blog hosting, dan salah satu yang menyediakan layanan free adalah http://waww.podbean.com/
sebagai contoh adalah : http://wahyupur.podbean.com/
Dengan mengaupload audio di podbean.com kita mendapatkan kode embed dari media kita.
Kode embed ini dapat dipasang di mobile learning kita, berikut ini adalah bentuk tampilannya :


Selamat mencoba...

Sumber : Nesaci Blog dan Wahyu Purnomo


Komentar